INILAHKUNINGAN- Universitas Islam Al-Ihya Kuningan dan Universitas Trisakti sepakat menggelar kerjasama. Hal itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU oleh Rektor kedua belah pihak di Kampus Trisakti Jakarta, Rabu (22/5/2024)

Rektor Unisa Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah menerangkan, kesepahaman bersama antara Unisa Kuningan dengan Trisakti dalam rangka memperkuat pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau Tridarma Perguruan Tinggi. Menurutnya, banyak persoalan terjadi di wilayah Kabupaten Kuningan yang akan mudah dan cepat ditemukan solusinya dengan kerjasama para pihak.

“Banyak hal yang bisa kami kerjakan bersama dengan Civitas Akademika Trisakti, baik dalam pengajaran atau pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat,” kata Iman.

Selain Tridarma, lanjutnya, hal yang sepakat dilaksanakan bersama perihal penyelesaian dinamika sosial masyarakat mulai dari persoalan Kotoran Hewan (Kohe), isu kesehatan, produksi sampah, dan inovasi teknologi. Sebagian dari empat hal itu sudah digarap Unisa Kuningan dan akan diperkuat dengan dukungan sumber daya dan keilmuan dari Trisakti.

“MoU akan segera ditindaklanjuti bentuk rill kerjasama oleh unit-unit teknis sesuai bidang garapan masing-masing. Ada Fakultas Teknik, Kesehatan, lembaga kewirausahaan, inovasi teknologi, dan lain sebagainya yang sejalan dengan unit yang ada di Trisakti,” tuturnya.

Kerjasama tersebut disambut baik oleh Rektor Universitas Trisakti, Prof Dr Kadarsah Suryadi. Lengkap didampingi para wakil rektor, unsur dekanat, dan unit lainnya, putra pituin Kuningan itu mendorong seluruh jajarannya untuk menindaklanjuti kesepahaman itu dengan kerjasama dan implementasi program yang memberikan sumbangsih besar dan menyelesaikan persoalan di masyarakat./tat azhari