INILAHKUNINGAN- Optimalisasi sumber daya perbankan di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) menjadi komitmen bersama demi menuju inklusi keuangan. Kontribusi nyata PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terhadap hal tersebut salah satunya yakni dengan memfasilitasi keberadaan AgenBRILink di seluruh pelosok Indonesia.

Tak hanya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah di daerah terpencil, AgenBRILink juga turut mengedukasi masyarakat terhadap layanan perbankan, sekaligus memaksimalkan peluang bisnis sebagai sumber mata pencaharian agen. Dalam rangka memberikan apresiasi terhadap kinerja AgenBRILink terbaik tersebut, BRI memberikan hadiah “Super AgenBRILink” yang merupakan bagian dari Program Nasional (PRONAS) perseroan.

Tahun ini pemenang yang berhak mendapatkan hadiah yakni AgenBRILink bernama “Toko Putra Pertama” dengan nama pemilik Saepil Rohman. Agen yang berada di unit Banyuresmi, Garut tersebut berhak mendapatkan hadiah berupa unit mobil Hyundai Creta Trend IVT. Penyerahan hadiah dilakukan simbolik pada Jumat (17/11).

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk apresiasi bagi agen yang telah konsisten meningkatkan potensi bisnisnya sehingga berdampak pada pertumbuhan positif terhadap Fee Based Income (FBI) perseroan. “Selamat kepada pemenang yang telah mengupayakan proses akselerasi akses produk perbankan Masyarakat yang menjadi fokus penetrasi BRI. Peran AgenBRILink akan terus didorong untuk memperluas customer base dari BRI dan BRI Group, utamanya dengan adanya Holding Ultra Mikro bersama Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) dengan BRI sebagai induknya,” jelasnya.

Dengan adanya program tersebut, diharapkan dapat memotivasi AgenBRILink untuk dapat terus tumbuh dan berkembang lebih besar lagi. Seperti diketahui, hingga per kuartal III-2023, sudah terdapat lebih dari 698.717 AgenBRILink di seluruh Indonesia dengan total Fee-Based Income (FBI) per September 2023 sebesar Rp1,1 triliun atau meningkat 5,38% yoy.

Kemudian dari sisi volume transaksi juga menunjukkan tren peningkatan sebesar 7,97% yoy menjadi sebesar Rp1.040 triliun. Kenaikan nilai transaksi tersebut menunjukkan bahwa AgenBRILink telah mengambil peranan yang sangat penting dalam roda perekonomian serta kehidupan masyarakat.

Melalui AgenBRILink, selain transaksi tarik tunai, juga dapat melayani kebutuhan transaksi harian masyarakat di antaranya seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lainnya.

“Dengan kehadiran AgenBRILink, masyarakat tidak perlu lagi ke bank untuk bertransaksi, namun dapat ke AgenBRILink yang lokasinya lebih dekat. Hal ini akan sangat membantu masyarakat untuk melakukan transaksi dengan cepat, mudah dan aman,” pungkas Supari./tat azhari