Tebing Amblas, Rumah Warga Padahurip Kuningan Terancam Longsor, TNI Turun Tangan

oleh -

INILAHKUNINGAN- Babinsa Koramil 1504/Subang Serka Yusup Pahtiar bersama warga masyarakat bergotong royong melaksanakan karya bakti paska bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Tajur RT 11 RW 04 Desa Padahurip, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Minggu (20/11/2022).

Tanah longsor akibat intensitas hujan yang tinggi sehingga terjadi pergerakan tanah pada Jumat (18/11/2022) sekira pukul 19.30 WIB tersebut telah menyebabkan TPT rumah warga amblas dan menutup akses jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda 4 dan 2.



“TPT rumah milik Bapak Rustam dengan tinggi 3 m², panjang 10 m² dan lebar 1,5 m² amblas. Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun rumah Pak Rustam terancam longsor,” kata Serka Yusuf

Atas kejadian tersebut, aparat desa langsung berkoordinasi dengan kecamatan, TNI, Polri dan BPBD Kuningan./tat azhari

Unik Memukau, Pentas Musik Jazzklung Di Sukageuri View Kuningan
INILAHKUNINGAN- Pentas musik kolaborasi antara Jazz dengan Angklung (Jazzklung), Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan pukau para penonton di Sukageuri View Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Sabtu (19/11/2022) malam.

Gelaran Puncak Jazzklung ini dihadiri langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama beserta istri, forkopimda, para kepala OPD, dan undangan tamu lain.

Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, Dr H Toto Toharudin menjelaskan, pentas musik jazzklung merupakan perpaduan kebudayaan lokal Kabupaten Kuningan, angklung dan musik internasional jazz.

“Kami mencoba untuk mengemas perpaduan musik angklung dan jazz,” ujarnya.

Ia mengatakan, Angklung merupakan seni budaya asli Kabupaten Kuningan bahkan sudah menjadikan Kuningan sebagai Kabupaten Angklung, maka Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan akan mendorong dan terus melestarikan Angklung di antara seni seni modern.

“Sejumlah rangkaian sudah kami laksanakan di antaranya, bansos, penanaman pohon, dan puncaknya pertunjukkan Jazzklung. Festival ini juga diikuti oleh komunitas Camper Van,” terangnya.

Toto berharap dengan adanya gelaran Jazzklung ini bisa meningkatkan daya tarik wisata seni dan budaya Kuningan dalam rangka peningkatan ekonomi wisata daerah.

Selain melestarikan angklung, melalui festival ini, Toto juga berharap menjadi ajang promosi pariwisata di Kabupaten Kuningan. Terletak di daerah pegunungan, Kabupaten Kuningan dianugerahi panorama alam yang menarik. Sejuknya hawa pegunungan yang ditunjang dengan panorama alam yang hijau menjadi andalan wisata di Kabupaten Kuningan.

“Melalui festival yang digelar hari ini, Kabupaten Kuningan berharap mampu untuk mengembalikan kunjungan wisatawan ke daerah mereka yang terganggu akibat pandemi Covid-19, ” ujarnya.

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan dan selamat datang di Kabupaten Kuningan, dimana merupakan salah satu kabupaten yang  kaya akan potensi pariwisata.

“Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Kuningan agar dapat menjadi daya tarik wisata unggulan pariwisata di tingkat regional, nasional maupun  internasional,” kata Bupati dalam sambutan

Dijelaskan, bahwa event ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan DTW Sukageuri View ke wisatawan lokal, regional, dan nasional, maupun internasional.

“Acara jazzklung 2022 ini digelar dalam rangka peringatan 76 tahun Perundingan Linggarjati dan 12 tahun dikukuhkannya Angklung sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO serta sebagai upaya peningkatan promosi dan pemasaran pariwisata di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Dari Jazzklung 2022 ini, Bupati Acep berharap agar dapat mendukung upaya-upaya pelestarian nilai seni dan tradisi untuk membangkitkan kembali atraksi wisata / event kepariwisataan di Kabupaten Kuningan pada khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.

Ia menjelaskan, bahwa Kabupaten Kuningan sedang dipersiapkan oleh Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu tempat tujuan wisata unggulan di Provinsi Jawa Barat, dikarenakan Kabupaten Kuningan memiliki pesona keindahan alam yang yang sangat menarik untuk dikunjungi, untuk mendukung tujuan tersebut maka pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan terus berupaya mempromosikannya baik melalui media sosial dan media lainnya serta tampilan atraksi seni maupun events di Kabupaten Kuningan yang merupakan salah satu aspek pendukung untuk menarik minat wisatawan dan mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Kuningan.

Para pengunjung disuguhi penampilan sederet talent talent kondang seperti Dwiki Dharmawan, Jei Angklung, Manshur Angklung, Sakatalu, Chikara Band dan Hyz Project. Mereka membawakan perform yang sangat menghibur sehingga Bupati dan tamu tamu lainnya pun walau cuaca dingin enggan beranjak saking menikmati perform para talent khususnya perform kolaborasi keren dari Dwiki Dharmawan yang mampu menghipnotis para penonton./tat azhari

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan