INILAHKUNINGAN- Bank Kuningan kembali melakukan literasi keuangan pada semester pertama, di Gedung Student Center Universitas Kuningan (Uniku), Rabu (5/6/2024). Hal ini merupakan kewajiban sektor jasa keuangan sesuai dengan POJK No 22 tahun 2023 tentang Perlindungan Konsumen Dan Masyarakat Di Sektor Jasa Keuangan.

Dimana dalam peraturan tersebut, salah satunya mengatur tentang kewajiban Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) untuk melakukan Literasi Keuangan terhadap masyarakat. Tujuan, meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan, memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik, mampu bertanggungjawab pada keputusan keuangan yang diambil serta terhindar dari aktifitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas.

kegiatan literasi tersebut harus menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan paling sedikit satu kali dalam satu semester atau 2 kali dalam setahun.

Giat Literasi Keuangan tersebut diawali dengan Pre-test, sebelum diisi oleh Pemateri Deni Heryana sebagai Direktur Yang Membawahkan Fungsi Kepatuhan dan Heri Nuraripin sebagai Mareketing Bank Kuningan. Kemudian, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman atas materi yang sudah disampaikan, maka diadakan lagi Post-Test.

Direktur Bank Kuningan H Dodo Warda, mengungkapkan rasa bangga, karena Bank Kuninganan diamanatkan oleh pemerintah daerah untuk terus dapat berkontribusi sebagai mitra pemerintah daerah dalam meningkatan taraf hidup masyarakat Kabupaten Kuningan. Salah satu implementasinya adalah, diadakan literasi sektor pendidikan atau pelajar untuk merencanakan dan menata keuangan sejak dini.

“Diharapkan para pelajar dapat mengatur dan menggunkan keuangan dengan bijak demi masa depan lebih baik,” harap Dodo

Dodo juga menyampaikan kebanggaanya dapat menjadi bagian dari Bank Kuningan dengan amanah dari pemerintah daerah untuk dapat memberikan nilai manfaat secara merata untuk masyarakat Kabupaten Kuningan.

Rektor Uniku DR H Dikdik Harjadi, menuturkan sejarah berdirinya Uniku hingga terjalin kerjasama dengan Bank Kuningan dalam beberapa tahun terakhir. Yang diakui, sudah bersama merasakan manfaatnya. “Betapa penting literasi keuangan, terutama bagi pelajar. Sehingga para pelajar dapat belajar mengatur keuangannya,” ujar Dikdik

Dikdik juga menyampaikan, bahwa Bank Kuningan dilahirkan dan dibesarkan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan. Maka dari itu masyarakat Kuningan harus mengenal dan membesarkan Bank Milik Urang Kuningan ini.

Turut hadir, Kepala Cabang Bank Utama Arief Komara, Kepala Cabang Mandirancan H Muhamad, Tim Marketing Kantor Pusat, Tim Marketing Cabang Utama, Kadugede, Mandirancan serta para siswa di Kabupaten Kuningan, yang didampingi para guru pendamping./tat azhari