INILAHKUNINGAN- Terobosan Pemkab Kuningan dalam Program Kuningan SIPP, atau Kuningan Kuningan Sinergi Integritas Pelayanan Publik (SIPP) sudah menyentuh 7 kecamatan. Terakhir Di Desa/ Kecamatan Pancalang.

Kuningan SIPP ini merupakan inovasi pelayanan publik, dimana beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersama-sama melakukan pelayanan publik jemput bola kepada masyarakat. Inovasi ini dilatarbelakangi oleh adanya kesadaran dari beberapa SKPD bahwa pelayanan publik yang dilakukan secara terpadu akan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan melakukannya secara sendiri-sendiri mengingat bahwa setiap layanan satu dengan yang lainnya itu saling berkaitan.

Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda menegaskan, bahwa inovasi pelayanan publik terpadu ini harus menjadi agenda Pemkab Kuningan yang wajib didukung oleh semua pihak.

Sinergi Ombudsman dengan masyarakat dan penyelenggara pelayanan publik tidak bisa dipisahkan. Sinergi tersebut diperlukan untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin baik.

“Peran berbeda antara Ombudsman RI, masyarakat dan penyelenggara pelayanan publik bukanlah hal yang saling bertentangan, melainkan melengkapi satu sama lain dalam rangka pengawasan eksternal terhadap penyelenggaraan pelayanan public,” tegas Wabup Ridho, Kamis (23/3/2023), kepada Inilah Kuningan

Diakui, SIPP ini melibatkan sekitar 13 SKPD. Yaitu DPMPTSP, Disdukcapil, DPPKBP3A, Dinkes, Diskopdagperin, Dinsos, Diskominfo, Bappenda, BPBD, ATR/BPN, PMI, Camat dan Kepala Desa di bawah pimpinan Wakil Bupati Kuningan sebagai penanggung jawab serta didukung juga oleh Sekretaris Daerah beserta para asisten daerah.

“Saya mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama berkomitmen mendukung kegiatan ini yang merupakan terobosan dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik,” ajak Putra Bungsu Almarhum Bupati Kuningan 2 Periode, H Aang Hamid Suganda ini

Wabup Ridho berharap, Kuningan SIPP tidak hanya terjadi di awal saja, tetapi akan terus dirasakan sampai seterusnya bahkan bisa selalu ada inovasi dalam setiap penyelenggaraan Kuningan SIPP. Sehingga dapat memberikan pelayanan  terbaik kepada masyarakat.

Diingatkan, bahwa Kuningan SIPP ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Kuningan, meminimalisir munculnya ego sektoral serta mempertegas keberadaan pemerintah daerah di tengah-tengah masyarakat agar bisa mengidentifikasi secara langsung setiap permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kuningan SIPP akan dilaksanakan secara berkala. Tentu diharapkan kedepan, dapat melibatkan lebih banyak lagi SKPD,” harap dia./tat azhari