Kuningan Siaga 37.600 Vaksin, Dinkes: Vaksinasi Maraton!

oleh -
Caption: Kadinkes Kuningan dr Hj Susi Lusiyanti dan Kabidnya dr Deny saat menyiapkan vaksinasi di Desa Kaduela

INILAHKUNINGAN- Pemkab Kuningan kembali sediakan 37.600 vaksin untuk masyarakat Kuningan. “Betul, belum lama telah turun dosisi vaksin dari pemerintah pusat,” Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, dr Hj Susi Lusiyanti, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P, dr Denny Mustafa, Sabtu (07/08/2021), kepada InilahKuningan

Disebutkan, ada 3 jenis vaksin baru diterima. Ada sinovac dengan total 12 ribu dosis. Vaksin ini, digunakan untuk vaksinasi tahap dua. Kemudian ada 25 ribu vaksin jenis AstraZeneca, serta sebanyak 600 dosis Vaksin Sinovac bagi warga berkebutuhan khusus atau difabel.

Ditegaskan, Pemkab Kuningan terus melakukan vaksinasi hampir setiap hari. Dibuat beberapa sentral vaksinasi, seperti  puskesmas, klinik, dan beberapa fasilitas kesehatan vaksinasi dengan vaksinator.

Selain itu, gencar juga sosialisasi pentingnya prokes dan vaksinasi. Di lapangan, Dinkes Kuningan sendiri, dibantu oleh banyak pihak. Seperti tracer, relawan, SKPD lain, dan media.

Vaksinasi itu, lanjut dr Deny, melibatkan semua nakes puskesmas. Disamping secara teknis, Vaksinator itu per titik pelaksanaan vaksinasi ada sebanyak 12 orang. Dibantu oleh relawan dalam penertiban secara administrasi atau input data.

Meski penentuan jadwal secara maraton, tapi pelaksanaan vaksinasi juga tergantung  bagaimana kesiapan nakes dari tiap puskesmas.

“Ya secara jadwal pelaksanaan kita tunggu kesiapan nakes di wilayah puskesmas, kita ini khusus penyediaan dosis vaksin dan untuk kuota disesuaikan dengan jumlah sasaran serta target,” katanya./tat azhari

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *