INILAHKUNINGAN– Jumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Kuningan, ternyata banyak. Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Kuningan mencatat, jumlah ormas di kabupaten berjuluk Kota Kuda ini, berjumlah 313 Ormas.

“Berdasarkan data sampai 20 Juni 2023, jumlah Ormas di Indonesia ada 550.690 Ormas, termasuk di Kabupaten Kuningan terdapat 313 Ormas. Jumlah Ormas Kuningan, update akhir tahun 2022 yang telah registrasi ulang ke Bakesbangpol Kuningan,” ungkap Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda, disela Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam Penguatan Ideologi Kebangsaan dan Wawasan Kebangsaan melalui Kerjasama Lembaga Ketahanan Nasional (Lamhanas) RI, hajat Direktorat Organisasi Kemasyarakatan, Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), di Hotel Horison Sangkanhurip, Kuningan, Rabu (5/7/2023)

Menurut Ridho, ormas sangatlah berperan besar dalam membentuk sekaligus memperkuat nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia. Melalui pengetahuan dan pemahaman pada pengurus ormas, maka diharapkan nilai tersebut berkembang dalam mindset dan attitude pada setiap jiwa personal warga.

Ridho menyebut, pemilu serentak sebagai pesta demokrasi akbar bagi rakyat, akan dilangsungkan pada 14 Februari 2024. Hari pemungutan suara dihelat bersamaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilu Legislatif (Pileg) untuk memilih Anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI.

“Maka keterlibatan ormas untuk dapat berperan dalam melakukan sosialisasi terkait Pemilu 2024, sekaligus pendidikan politik bagi pemilih pemula, kaum perempuan, kaum difabel, kaum yang belum tersentuh gadget dan ormas dapat mendorong kadernya untuk menjadi agen dalam peningkatan partisipasi masyarakat yang dapat meredam segala potensi konflik. Sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan sukses dan kondusif,” katanya.

Turut hadir Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin, Tenaga Ahli Profesional Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas Republik Indonesia Rafli, Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Kemendagri H Edang M Kendana, Kabid Ketahanan Ekonomi, Seni Budaya Agama dan Ormas, Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat Ruliadi, dan Kaban Kesbangpol Kuningan HM Budi Alimudin./tat azhari