Keren! Layanan Disdukcapil Kuningan Serba Online

oleh -Dibaca : 583
Photo: Yudi Nugraha

INILAHKUNINGAN- Akselerasi adaptasi layanan terbaik, efektif, efisien di musim teknologi, ditunjukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan. Terbaru, dinas dibawah nakhoda Yudi Nugraha ini, meluncur website internal bernama disdukcapil.kuningankab.go.id.

“Website ini berisi profil data kependudukan, dan seputar informasi lain. Intinya informasi pelayanan administrasi data kependudukan ada di website ini,” ungkap Kepala Disdukcapil Kuningan, Yudi Nugraha, Rabu (31/03/2021)


Guna kelancaran, Ia merancang Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, disingkat SIPANDUK. Sistem ini, dibangun untuk memudahkan masyarakat dalam proses pembuatan KTP-el, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan (Non Muslim) dan Surat Perpindahan (Kabupaten/ Provinsi) secara Online.

Permohonan masyarakat, akan diproses oleh bagian verifikator dan operator SIPANDUK. Pemohon hanya perlu melihat status permohonan pelayanannya secara online pada sistem. Begitu status pada sistem menyatakan telah “selesai”, maka masyarakat bisa mengambil dokumennya secara langsung di loket online. Sambil menunjukan bukti permohonan.

BACA JUGA :  Prihatin! 90% Kelompok “Coba Pakai” Narkoba Pelajar

“SIPANDUK tidak hanya memberikan pelayanan online. Sistem ini juga dilengkapi fasilitas antrian online untuk memudahkan masyarakat ketika berkunjung langsung ke kantor disdukcapil,” jelas Yudi, yang juga Ketua Umum FORKI Kuningan itu

Proses pengambilan nomor antrian dapat disesuaikan tanggal kunjungannya oleh pengguna. Ini bisa mengantisipasi beberapa keluhan masyarakat yang tidak mendapatkan nomor antrian karena habis. Layar pemanggilan Antrian Realtime juga disediakan dalam sistem ini. Fasilitas layar antrian ini dapat memudahkan masyarakat menunggu antrian, meskipun tidak berada di lokasi. Sehingga ruang tunggu pelayanan akan stabil. Tidak terlalu padat.

BACA JUGA :  Bunda Literasi : Ada 707 Bahasa Masih Aktif

“Masyarakat dapat melihat proses berjalannya pemanggilan nomor antrian di rumah, warung, dan di tempat lainnya dengan melihat sistem, ketika pemanggilan nomor antrian sudah mendekati nomor antrian yang dimiliki barulah pengguna masuk ke ruangan. Begitu nomor tersebut dipanggil pengguna hanya perlu memperlihatkan nomor antrian yang dimiliki pada sistem tersebut,” papar Yudi

SIPANDUK ini mencakup juga aparat desa dan beberapa instansi lain yang sudah bekerjasama. Aparat desa dapat menggunakan SIPANDUK untuk membantu masyarakat di lingkungan desa/ kelurahannya dalam proses pelayanan ke disdukcapil secara online dibantu oleh aparat desa pada sistem.

Akses aparat desa diberikan dalam upaya mengantisipasi masyarakat yang kurang paham dalam hal teknologi. Dengan begitu, masyarakat awam teknologi dapat meminta bantuan kepada aparat desa setempat untuk membuatkan pelayanan ke disdukcapil secara kolektif dan diambil ke disdukcapil oleh operator desa dan masyarakat mengambil berkas ke desa.

BACA JUGA :  Edi: SMANTIKA Justru Ada Gratiskan Biaya

“Disamping pelayanan online, aparat desa diberikan juga akses untuk sistem antrian kolektif guna memberikan kemudahan jika memang ada keperluan yang mengaruskan aparat desa mengunjungi disdukcapil,” imbuhnya

Fasilitas mengenai inovasi yang diberikan disdukcapil, seperti program PULPEN PNS dan PATURAI juga tersedia dalam sistem ini. Dimana program tersebut bisa digunakan oleh beberapa instansi yang sudah bekerjasama. “Beberapa inovasi lain masih terus dikembangkan guna memberikan pelayanan menyeluruh kepada semua kalangan khususnya di masyarakat Kabupaten Kuningan,” pungkas Yudi./tat azhari

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *