INILAHKUNINGAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar, digadang masuk bursa kuat Calon Bupati (Cabup) Kuningan 2024 oleh Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC).

“Dian Rachmat Yanuar ini tokoh kuat secara internal di Kabupaten Kuningan. Kenapa Dian dipermasalahkan soal netralitas ASN, karena Dian mempunyai pasukan ASN,” ujar Direktur Eksekutif IPRC, M Indra Purnama, JUm’at (05/07/2024), kepada InilahKuningan

Maka dari itu, Indra mengingatkan seluruh ASN di Kabupaten Kuningan agar sebisa mungkin dapat menjaga jarak dengan proses politik agar tidak terpolarisasi.

“Tapi secara pribadi dipersilahkan. Yang penting tidak ikut mengkampanyekan, membantu nempel-nempelin program, membantu logistik, dan sebagainya kaitan proses politik,” ujar Indra lagi

Jika memang akan terjadi polarisasi ASN di Kabupaten Kuningan, Indra melihat lebih dominan ASN ke Dian Rachmat Yanuar dibanding ke Ridho Suganda. Sebab secara langsung Dian Rachmat Yanuar adalah atasan ASN. Dian Rachmat Yanuar selaku sekda.

Hanya Indra melihat di Pilkada Kuningan 2024 akan terjadi koalisi gemuk untuk melawan koalisi pengusung Sekda Dian. Kecuali kalau kemudian ada partai-partai yang mempunyai kans besar pecah.

“Katakanlah Pak Dian mencalonkan sendiri dari Partai Golkar, kemudian PDIP mengambil satu partai yang perolehan kursinya tidak terlalu tinggi untuk hanya mencapai persyaratan, itu sangat mudah,” terang Indra.

Tapi politik itu dinamis. Sehingga kemungkinan-kemungkinan bisa terjadi nanti. Di beberapa daerah saja terjadi untuk melanggengkan hegemoni partai besar./tat azhari