Inilah Jadwal Vaksinasi “Grebeg Desa”, Bupati Kuningan: Luar Desa, Bisa Gabung!

oleh -
Caption: Warga Desa Cibuntu antusias mengikuti vaksinasi dalam program Grebeg Desa

INILAHKUNINGAN- Ketersediaan 37.600 vaksin, membuat Pemkab Kuningan terutama dinas kesehatan marathon melaksanakan vaksinasi masyarakat. Dibalut aksi Grebeg Desa, Bupati Kuningan H Acep Purnama menarget beberapa titik desa sebagai simpul tuntas vaksinasi massal ini.

Seperti Grebeg Desa di Desa Cibuntu, Sabtu (07/08). Disaat bersamaan, juga ada di Pasawahan, Pancalang, Mandirancan, Cilimus dan Cigandamekar. Lanjut Minggu (08/08), vaksinasi terpusat di SMPN 2 Kuningan. Kemudian Senin (09/08) dijadwalkan vaksinasi masyarakat Kuningan utara. Diantaranya, Ciwaru, Karangkancana.  Selasanya (10/08), marathon Grebeg Desa di Subang, Selajambe, dan Cilebak.




“Setiap kecamatan, kita sasar dulu minimal 2 desa terlampaui proses vaksinasinya,” jelas Bupati Kuningan, H Acep Purnama, disela Monitoring Vaksinasi Grebeg Desa di Desa Cibuntu,  kepada InilahKuningan

Meskipun Grebeg Desa, masyarakat Kuningan dari luar desa itu juga diperbolehkan untuk ikut antri vaksin. Siapa mau duluan, silahkan datang. Sebab vaksin menjadi alat paling efektif untuk menghadapi penyakit infeksi, mencegah terjadinya epidemi maupun pandemi penyakit dan mengeradikasi penyakit menular.

“Grebeg Desa ini, kita menggencarkan vaksinasi demi capaian vaksinasi dan membentuk herd immunity,” jelas bupati lagi

Jika vaksinasi Covid-19 dipercepat dan berjalan optimal, kekebalan kelompok atau herd immunity dapat cepat tercapai. Dengan begitu, tingkat kematian akibat Covid-19 bisa terus ditekan.

Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, dr Hj Susi Lusiyanti, juga menjelaskan, bahwa Grebeg Desa ini adalah program vaksinasi yang difokuskan di suatu desa hingga vaksinasi tuntas. Vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala berat dan komplikasi akibat Covid 19.

“Grebeg Desa kita lakukan dari pinggiran, dari perbatasan-perbatasan. Kemudian pelan-pelan ketengah sampai tuntas, Itu Grebeg Desa,” tandas dr Susi./tat azhari

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *