Gerindra Setuju Peternak Sapi “Ngotot Nakal” Di Sel

oleh -
Photo: Sri Laelasari

INILAHKUNINGAN- Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Kuningan, Sri Laelasari, terus memantau persoalan pelik kotoran hewan, atau kohe, terutama kotoran sapi di kawasan peternakan sapi Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, yang kerap mencemari lingkungan warga Kelurahan Winduherang sebagai daerah hilir.

Di waktu senggang, bahkan Ia kerap inspeksi mendadak (sidak) ke kandang-kandang sapi guna memastikan titik persoalan dari kenakalan peternak sapi dalam membuang limbah kohe. Meskipun sudah ada kesepakatan, bahkan ancaman hukuman denda hingg penjara 3 bulan bagi peternak nakal.


Dalam sidak, Sri pun menemukan sungai kering yang dipenuhi limbah kohe. Saat itu juga Ia meminta kepada para peternak sapi, agar tumpukan kohe tersebut diangkat. Tentu agar ketika hujan, airnya tidak mengalir, mengotori, lalu mencemari lingkungan lain.

BACA JUGA :  Tuding Dana Titipan, Gerindra Kritik Uji Kompetensi Pejabat Eselon II

“Saya lihat memang ada peternak nakal. Ada sungai kering, peternak asal buang kohe kesitu. Dipikir peternak itu, aman. Padahal saat hujan turun, atau air mulai mengalir, kohe di sungai kering itu mengalir ke hilir. Akibatnya mencemari lingkungan,” ungkap Politisi Asal Dapil I Kuningan itu, Rabu (09/09/2020), kepada InilahKuningan

Yang tidak habis pikir, pihak koperasi sudah membantu modal pembuatan kolam penampung kohe agar bisa dikelola baik oleh peternak, tetapi ada saja oknum peternak yang masih seenaknya membuang kohe sapi.

BACA JUGA :  Sidak Kelompok Ternak Sapi Pokir Rp9 Miliar, Deni: Belum Ada Hasil

Sri setuju jika peternak nakal seperti itu, dihukum sesuai kesepakatan bersama. Yaitu denda Rp50 juta, atau penjara 3 bulan.

“Tanpa penegakan hukum itu, gak ada jaminan persoalan panjang kohe sapi ini akan selesai. Kasian masyarakat di hilir terus kena dampak. Maka, saya setuju, siapapun peternak nakal ditindak sesuai hukum yang disepakati,” tegas eks aktivis sosial ini./tat azhari    

BACA JUGA :  Kantongi Data Janggal Pokir Sapi Rp9 Miliar, Pekat IB Koordinasi Ke Polda Jabar

 

 

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *