INILAHKUNINGAN- Sebanyak 2.558 siswa SMKN 3 Kuningan berdiri tegak dan berbaris rapih mengikuti upacara bendera di halaman SMKN 3 Kuningan, Kamis (23/3/2023). Mereka begitu bersemangat, karena Pembina Upacara adalah Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda.

Disela arahan, Wabup Ridho Suganda menegaskan, bahwa SMK memiliki kelebihan dibandingkan siswa SMA dan sederajat lain. Dimana pada proses pembelajaran, SMK lebih mengedepankan praktek dibandingkan teori. Atau 60% sampai 70%, lebih banyak praktek. Sehingga siswa SMK terbiasa untuk terjun langsung mencoba ilmunya. Bahkan bisa menjadi konseptor dalam menghadapi tantangan dimasa depan.

“Berikan wahana pembelajaran untuk kewirausahaan kepada para siswa agar mempunyai minat untuk berwirausaha semenjak dini. Aapapun jenis usahanya ataupun jasa yang diberikan. Dengan begitu bisa jadi dikemudian hari setelah lulus alumni dapat berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Wabup Ridho

Wabup Ridho kemudian berpesan kepada siswa SMKN 3 Kuningan untuk dapat memiliki jiwa kreatif dan inovatif dalam melihat berbagai peluang di depan, bisa memanfaatkan teknologi dengan menggunakan smartphone sebagai sarana untuk menunjang skill dan kemampuan. Bisa mencoba untuk mengoptimalkan berbagai potensi di Kuningan.

“Banyak bidang wirausaha yang dapat dipilih. Tentunya ini untuk mencapai salah satu program ekonomi kreatif yang digadang-gadang oleh pemerintah pusat. Yang bertujuan untuk ketahanan ekonomi dan kemashlahatan masyarakat banyak,” katanya.

Turut mengikuti dalam upacara, Kepala SMKN 3 Kuningan Lili Ramli beserta jajaran wakil kepala, Ketua Program Studi Kejuruan, para Staf Guru dan Staf Tata Usaha./tat azhari