Di Kuningan, Patriot Desa Jabar Bentuk 60 Penggerak Lokal

oleh -Dibaca : 385
Caption: Bupati H Acep Purnama memberikan arahan dalam Rakor Patriot Desa Jabar, di Villa Pesona Desa Setianegara

INILAHKUNINGAN– Bupati Kuningan H Acep Purnama mengawal sukses, Rakor Patriot Desa Jawa Barat, di Villa Pesona Ciremai, Desa Setianegara, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Rabu (21/04/2021). Program Provinsi Jawa Barat ini, guna mendongkrak kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya, dan keswadayaan masyarakat desa.

Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Barat, Jaenudin, menjelaskan, Program Patriot Desa Jawa Barat merupakan bagian dari One Village One Company. Tujuan, merintis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis potensi desa. Program ini, menyeleksi pemuda-pemudi desa, sekaligus membekali mereka.

“Pemuda-Pemudi desa terseleksi, kita bekali untuk menjadi fasilitator lapangan. Tugasnya, pendampingan melalui skema live-in di desa-desa penempatan, yang belum memiliki BUMDes aktif,” terang Jaenudin, kepada InilahKuningan

BACA JUGA :  TNI-Warga Bandorasa Kulon Perbaiki Jalan Rusak

Patriot Desa di Kabupaten Kuningan, kini telah memasuki tahun ke 2. Di tahun 2020, terdapat 7 desa binaan. Dibina oleh para patriot desa. Adapun di tahun 2021 ada 24 desa binaan dari 12 kecamatan.

Menurut Jaenudin, ada 6 indikator program patriot desa. Diantaranya, memunculkan penggerak lokal, wirausaha baru, pasar digital desa dan publikasi. Selain, ada potensi desa yang dibina dan dikelola oleh 24 patriot desa. Antara lain, BUMDes, kelompok wanita tani, karang taruna, wisata dan ecowisata, kopi, gula, jagung, kedelai, dan pengelolaan sampah.

BACA JUGA :  SMK Pertiwi Kuningan “Sawer” Ratusan Beasiswa

“Melalui Patriot Desa, saat ini sudah terbentuk 60 penggerak lokal. Kami selalu koordinasi dengan dinas-dinas dan program di desa. Semoga menjadi motor penggerak di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan,” harap dia./tat azhari

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *