Bikin Melotot! Proyek Sapi Tembus Rp9 Miliar, 90% Pokir Anggota DPRD Kuningan

oleh -
Photo: Gedung DPRD Kuningan

INILAHKUNINGAN- Fantastis. Bantuan ternak sapi APBD Tahun 2020, ternyata tembus Rp9 miliar. Itu dibenarkan  Kabid Peternakan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kuningan, Lia Dmiyawati. Dari total rupiah itu, 90% dana Pokir Anggota DPRD Kuningan.

“Dana bantuan ternak sapi tahun lalu banyak. Sekitar Rp9 miliaran,” sebut Lia, Rabu (15/09/2021), kepada InilahKuningan






Berapa prosen dari Rp9 miliar untuk dana Pokir Anggota DPRD, Lia juga menyebut untuk pokir banyak. Ia menyebut 90% kegiatan pokir. Anggaran murni hanya sisanya. Giat murninya, ada pengadaan sarana prasarana, pakan berkualitas dan sebagainya.

BACA JUGA :  Kuningan Segera Miliki Paguron Jalak Banten Nusantara

Terkait pemeriksaan beberapa anggota DPRD oleh kepolisian, Ia mengaku mendengar hal itu. Pihak Tipikor Polres, juga sudah meminta keterangan darinya sebagai PPK, pada disnakan. Kalau dinas, sudah pasti sesuai SOP. Bukti-bukti pemeriksaan spek, hingga berkas serah terima, pernyataan kelompok dan lain-lainnya juga sudah diserahkan ke polisi.

“Itu bukan kita dipanggil, tapi Tipikor Polres datang ke kami (kantor dinas,red), menanyakan banyak hal, kita sudah jelaskan semua. Kita sudah berikan bukti-bukti, sesuai SOP,” kata Lia

BACA JUGA :  Massa Pengunjuk Rasa Ketua DPRD Nyaris “Ricuh”

Bagaimana pembinaan di lapangan, Lia berkilah, bantuan dalam satu tahun ke kelompok banyak sekali. Meskipun ada SDM di lapangan tapi terbatas, jadi tidak semua kelompok bisa terbina. Jadi kejadian seperti ini, hanya bisa ditindaklanjutinya setelah ada laporan.

“Memang ada loss kontrol, gak semua bisa terbina. Bayangkan, bantuan domba saja sampai 3.000 ekoran setahun, sapi 300 ekoran setahun. Pengawasan kurang, karena SDM terbatas,” aku dia./tat azhari

BACA JUGA :  Hebat! Kuningan Raih Anugerah Kabupaten Sehat 2020

 






















BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *