Bencana! TPT 2 Dusun Desa Kawah Manuk Kuningan “Ambruk”

oleh -

INILAHKUNINGAN- Intensitas tinggi hujan, Selasa (25/10/2022), mengakibatkan warga Desa Kawahmanuk, Darma, Kabupaten Kuningan, dikejutkan musibah tanah longsor. Bencana alam langganan Kota Kuda di desa ini, terjadi bertubi-tubi di 2 dusun. Beruntung, tidak ada korban.
Awal terjadi pukul 16.30, di Dusun Kliwon Rt 001, Rw 00, Tembok Penahan Tebing atau TPT akses jalan lingkungan ke pesantren runtuh sepanjang 10 meter, lebar 1 meter dan tinggi 2 meter. Akibatnya, saluran drainase dibawahnya tertutup.

Menyusul di Dusun Wage Rt 012, Rw 004, sebuah TPT akses jalan lingkungan juga longsor sepanjang 8 meter lebar 1 meter dan tinggi 2 meter.
“Betul terjadi di dusun kliwon dan dusun wage Desa Kawahmanuk. TPT di 2 dusun itu longsor, ada saluran drainase tertutup longsoran,” aku Kalak Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kuningan, Indra Bayu, kepada InilahKuningan



Pihaknya mengaku sudah melakukan penanganan darurat. Dimulai aparat desa berkoordinasi dengan BPBD, kemudian BPBD menurunkan team assessment dan bantuan logistik. Ditindaklanjuti, aparat desa beserta masyarakat melakukan pembersihan material longsoran dan membuat saluran air.

“Kebutuhan darurat di lokasi longsor, adalah penataan lingkungan dan saluran air, perbaikan TPT dan logistic untuk pengerahan massa bersih-bersih dampak longsoran TPT,” ujar Indra./tat azhari

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan