Alasan Kades Cikadu Lupa Ada Dana BLT, Rasional?

oleh -
Photo: Desa Cikadu, Kecamatan Nusaherang

INILAHKUNINGAN- Kepala Desa Cikadu H Ucup Kusmara, tidak memungkiri ada keterlambatan pemberian dana BLT bagi warganya terdaftar. Yang mencengangkan, alasan keterlambatannya karena lupa.

”Saya mengakui telat memberikan dana BLT itu. Saya lupa. Tidak ada perangkat desa, mengingatkan saya,” kilah Ucup, Jum’at (05/03/2021), kepada InilahKuningan


Seolah menegaskan, sudah 3 bulan sejak dana BLT cair pada November 2020, kata Ucup, tidak ada seorang pun dari perangkat desanya yang mengingatkan dirinya untuk segera membagikan dana BLT.

BACA JUGA :  Kecewa Kades, Warga Desa Cikadu Tolak Dana BLT

”Waktu itu, memang kondisi sedang zona merah. Tapi uang mah ada,” aku dia

Tapi masih diakui Ucup, dana BLT untuk 34 warganya itu sudah disalurkan dari kemarin secara door to door.

Pernyataan Kepala Desa Cikadu itu, membuat aparat dibawahnya saling tuding.  Ketua BPD Desa Cikadu Nana Setiana menyatakan, jika pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menyalurkan bantuan dana BLT itu. Karena sudah ada tufoksinya. Yaitu di bagian Satgas Covid-19 desa.

BACA JUGA :  Ada Mayat Misterius Di Sungai Cisande Mekarwangi

Pernyataan Ketua BPD, dibantah langsung oleh Ketua Satgas Covid-19 Desa, A Hadi. Diakui, bahwa Ia sudah mengingatkan dan melaporkan dari awal November 2020.

“Saya sudah 3 kali mengingatkan hal ini. Pertama melalui sekdes, bendahara, lalu dengan pak kuwunya sendiri. Saya ingatkan, dana BLT itu sudah cair dari awal November 2020. Tapi apa jawaban pak kuwu? Jawabannya nanti saja. Lantas bagaimana saya bisa menyalurkan dana BLT, sementara dananya saja saya tidak menerima. Apalagi membuat SPJ,” papar Hadi.

BACA JUGA :  Dana Pokir Sapi Anggota Fraksi PPP Dipertanyakan

Sementara menurut pengakuan salah satu warga, pembagian dana BLT secara door to door Kamis (4/3/2021) oleh salah satu perangkat desa, ditolak mentah-mentah oleh warga. Bahkan perangkat desa tersebut sampai dikejar aparat dan kabur tidak melanjutkan pembagian dana BLT tersebut./tat azhari

 

 

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *