6 Dapil Kuningan 2024 Sudah Tepat, Agi; Proporsional!

oleh -

INILAHKUNINGAN- Rancangan penataan ulang daerah pemilihan (dapil) sebagai alternatif KPU Kuningan pada Pemilu Legislatif Tahun 2024 mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Tak tekecuali dari Agi Rahaden Ranu, mahasiswa Ilmu Politik Universitas Siliwangi Tasikmalaya asal Kelurahan Windujanten, Kadugede, Kabupaten Kuningan.

Menurut Agi, rancangan 6 dapil dengan dirasa sudah tepat, karena apabila dilihat terdapat wilayah kurang proporsional atau kurang berimbang. Maka dari itu perlu ada pemerataan dapil.



”Saya pikir sudah seharusnya rancangan alternatif 6 dapil ini dilaksanakan melihat ada beberapa daerah pemilihan kurang proporsional,” ungkap Agi, Jumat (25/11/2022), kepada InilahKuningan

Jumlah 5 dapil existing sejauh ini, Ia nilai tidak proporsional. Ada jarak yang sangat jauh. Ada 3 wilayah dengan 12 kursi, 1 wilayah 8 kursi, dan 1 wilayah hanya 6 kursi. Inilah landasan mengapa perlu rancangan pembagian daerah pemilihan menjadi 6 dapil.

Usulan rancangan alternatif dari 5 dapil menjadi 6 dapil merupakan komposisi alternatif yang memperhatikan aspek proporsionalitas. Yaitu ada kesetaraan alokasi kursi antar dapil agar tetap terjaga perimbangan alokasi kursi setiap dapil.

“Selain alasan tersebut, ada juga alasan mengapa perlu adanya penambahan dapil. Yaitu tentu akan adanya penambahan jumlah penduduk serta jumlah daftar pemilih tetap pada Pemilu 2024 mendatang,” tandasnya./tat azhari

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan