INILAHKUNINGAN– Perpustakaan Desa merupakan sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia yang harus mengupayakan kemudahan dijangkaunya oleh masyarakat pedesaan. Bimtek pengelolaan perpustakaan desa dengan sistem aplikasi berbasis android, salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dalam mengelola informasi. Yang nanti, tentu bisa digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kuningan HM. Ridho Suganda disela memberi arahan pada Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Digital Desa, yang menginisiasi penerapan Sistem Aplikasi Perpustakaan Umum Literasi Digital Desa atau Sapu Lidi Desa, pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kuningan, di Aula Wisma Permata Kuningan, Rabu (15/3/2023). Hadir mengikuti 376 Pengelola Perpustakaan dari 376 Desa.

Wabup Ridho menyebut, bimtek ini sejalan visi Kabupaten Kuningan poin 3. Yaitu penerapan e-government. Yaitu salah satunya melalui pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan.

Ia mengajak semua bisa memanfaatkan era teknologi di zaman sekarang. Dimana, penerapan pelayanan termasuk keperpustakaan dituntut mengikuti perkembangan zaman.

“Maka, bimtek pengelolaan perpustakaan digital di setiap desa dengan sistem aplikasi berbasis android harus bertujuan untuk memudahkan dan menarik minat kembali budaya membaca bagi masyarakat. Sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” harap dia.

Ikut hadir, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Dudy Budiana, Plt Kepala Bidang Perpustakaan sekaligus Ketua Pelaksana Ria Apriani, beserta para pejabat Struktural dan Fungsional Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kuningan, Direktur CV IndeXindo Komunika Mulyana./tat azhari